Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Selasa, 31 Maret 2009

Ujian Tes Masuk IPB


Akhirnya yang ditunggu-tunggu oleh adik-adik SMA/Sederajat tentang tes masuk IPB sudah ada. Berikut ini saya sertakan informasi mengenai Ujian Tes Masuk IPB yang saya peroleh langsung dari situs IPB


UTM IPB
1 Ujian untuk menjaring talenta kepemimpinan dan kewirausahaan untuk memajukan pertanian yang akan ditempa menjadi sarjana yang tangguh dan calon pemimpin bangsa.
2 Memperluas aksesebilitas untuk menangani ketahanan pangan nasional disertai dengan memasukkan dimensi karakter kepribadian
3 Memberi beasiswa kewirausahaan dan ketahanan pangan

PROSEDUR
1. Lulus UN SMA (IPA) Tahun 2009
2. Ujian talenta mandiri diadakan di Bogor, Medan, dan Surabaya
3. Materi Ujian:
a. Tes Potensi Akademik: Psikologi dan Skolastik
b. Tes Bidang Studi Dasar: Matematika dasar dan Bahasa Inggris
c. Tes Bidang Studi: Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika
4. Daya tampung 200-300 mahasiswa untuk total Program Studi yang ada di IPB (9 Fakultas dan 35 Departemen)
5. Peserta bisa memilih maksimal 2 Program Studi
6. Tata cara pendaftaran secara rinci bisa dilihat di situs http://www.utm.ipb.ac.id
7. Biaya pendaftaran : Rp 400.000,00

TANGGAL PENTING
1. Pendaftaran seleksi: tanggal 18-29 Mei 2009
2. Pelaksanaan Tes: Sabtu dan Minggu: 13 dan 14 Juni 2009
3. Pengumuman hasil tes: Sabtu: 18 Juni 2009
4. Pendaftaran akhir ke IPB: Sabtu: 1 Agustus 2009

FAKULTAS BESERTA PROGRAM STUDI


Program Sarjana IPB (Mayor - Minor)

FAKULTAS PERTANIAN
Agronomi dan Hortikultura
Arsitektur Lanskap
Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan
Proteksi Tanaman

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN
Kedokteran Hewan

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

Budidaya Perairan
Ilmu dan Teknologi Kelautan
Manajemen Sumberdaya Perairan
Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Teknologi Hasil Perairan

FAKULTAS PETERNAKAN

Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan
Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan

FAKULTAS KEHUTANAN

Hasil Hutan
Konservasi Sumberdaya Hutan dan EkowisataEkowisata
Manajemen Hutan
Silvikultur

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
Ilmu dan Teknologi Pangan
Teknik Pertanian
Teknologi Industri Pertanian

FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA

Biokimia
Kimia
Fisika
Geofisika dan Meteorologi
Ilmu Komputer
Biologi
Matematika
Statistika

FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN

Ekonomi dan Studi Pembangunan
Manajemen
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
Agribisnis

FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA

Gizi Masyarakat
Ilmu Keluarga dan Konsumen
Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Untuk lebih lanjutnya bisa kunjungi situs UTM IPB di sini

Diposting oleh: Adi Dzikrullah Bahri


Bookmark and Share


Technorati Profile

19 comments:

masuhiro arihyoshi mengatakan...

bagus nih - IPB kampus top

buat adek2 yg mau masuk sana rajin belajar ya.... jangan nanti jadi mahasiswa kerjanya bolos-demo-tawuran

Anonim mengatakan...

kalo kita dari SMK ga bisa masuk ?
apa harus dari SMA (IPA) ?

Anonim mengatakan...

kalo kita dari SMK ga bisa masuk ?
apa harus dari SMA (IPA) ?
tlong balez ke
astri.zone@yahoo.com
thanks

petamasadepan mengatakan...

InsyaAllah dari SMK yang bidang IPA bisa masuk. nanti saya carikan info lebih lanjutnya

Anonim mengatakan...

aqu dari smk...
bisa masuk ke ipb gag????

boby mengatakan...

klo tamatan thun 2008 gmna bisa gk??????

SILMY mengatakan...

kalo udah kerja (PNS) D3 kimia lulusan 97 untuk ke s1 kimia ipb bisa masuk ga? soale kl ujian kimia, fisika, biologi dah lupa tuh pelajarannya

adi dzikrullah mengatakan...

Bisa aja mas Silmy, nanti ikut penyetaraan atau ekstensi. coba saja lihat lgsung di situs IPB

Anonim mengatakan...

@Silmy...

Bisa koq..
Nama'a alih jenjang..
Saya mahasiswa IPB tahun ke-2..
Ada temen sekelas saya yang udah PNS (lulusan D3 tahun 1998-an, lupa tahun'a...), truz ikut lagi kuliah bareng kelas saya..

Nanti tinggal nambahin SKS yang kurang utk bisa dpet gelar sarjana.. biasa'a 144 SKS (tergantung jurusan)..

Smangadh ajja..

Anonim mengatakan...

ujian masuk D3 IPB kapan y???

rici astuti septia mengatakan...

ekstensi ipb ada gga??? kemaren ad sse lyad web ipb,, pi saya uga gga begitu pandai ngotak atik internet ny.. yg saya baca.. katany msti kerja duLu ya 2 tahun.. trus buat yg baru Lulus SMA gmna dunk??? qan Lum ad pnglaman kerja!! pi pngen Kut ne.. trus gmn?? gga boleh y???
bLs ya..
emaiL Q.. aqrichi@yahoo.co.id

arie mengatakan...

kl syarat untukekstensikedokteran hewan ke ipb apa aja ya???
ekstensi ugm ud ditutup ney..
reply ke emailQ ya:ajumblenk@yahoo.com

adi dzikrullah mengatakan...

@ari: yang saya tahu fkh tidak ada ekstensinya..tapi lebih jelasnya bisa dilihat di http://fkh.ipb.ac.id

@rici dan yang lain: lebih jelasnya bisa di cek di http://www.ipb.ac.id dan http://diploma.ipb.ac.id/indonesia/

Anonim mengatakan...

pingn banget masuk FKH seperti kakakku

Anonim mengatakan...

minta info tentang cara pendaftaran masuk ipb donk...sama info tentang fakultas mipa nya ya....

arthur mengatakan...

maaf, boleh minta daftar passing grade dan kapasitas per fakultasnya? thx

Anonim mengatakan...

saya dah mau lulus d3 keswan tp saya baca di internet kayaknya nggak ada yang buka program S1 swadaya.saya kepengen banget bisa melanjutkan di FKH. tolong kasih solusinya donk?
Reply ke emailQ ya: hendraskmn@gmail.com

Anonim mengatakan...

oy... saya dari smk swasta jurusan tkj bisa masuk ipb gk..?

bed cover murah mengatakan...

thanks for posting nice and helpful

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

wibiya widget

 

Mengenai Saya

PetaMasaDepan
I am [Adi Dzikrullah Bahri] a student of Faculty of Forestry [Major Silviculture, Forest Fire Minor] Bogor Agricultural University. Daily activities but study is as President PetaMasaDepan Development Manager. Hubungi saya di facebook: petamasadepan [at] yahoo [dot] com.
Lihat profil lengkapku

Networkedblogs

My Album