Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Kamis, 01 Januari 2009

Lounching Logo Kelas Dunia


Sebuah logo, atau lambang menggambarkan eksistensi sebuah manajemen organisasi atau perkumpulan. Setelah sekian lama menanti, berfikir, merancang, dan mengutak-atik, akhirnya PetaMasaDepan menemukan sebuah logo yang cocok.

Logo ini akan membawa brandname tersendiri bagi PetaMasaDepan. Karena logo merupakan identitas intangible asset yang sangat unik. Logo inilah yang nantinya memiliki sebuah hal yang bisa membedakan sebuah profil dengan logo yang lain.


Seperti pada wajah, logo merupakan perwajahan unik yang akan memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Logo mempunyai keunikan. Dengan keunikan tersebut para pemerhati, atau orang yang tidak sengaja melihat akan lebih mudah mengenali.

Pendek kata logo bisa dimisalkan dengan nama. Kemana-mana, nama itulah yang akan menjadi sapaan tersendiri. Jadi sebuah logo yang baik harus bisa membawa keseluruhan isi secara singkat dan unik. Unik berbeda dengan logo-logo yang telah ada. Seperti di atas, keunikan ini mempunyai target bisa lebih akrab dengan yang lain.

Jika sebuah logo sudah mampu memposisikan diri seperti yang telah disebut, maka logo tersebut sudah bisa berbicara dalam tataran yang lebih tinggi. Maksudnya, secara kompetisi logo mempunyai nilai jual yang lebih tinggi seperti nama yang telah disandang logo.

Semisal, PetaMasaDepan. Mempunyai logo dengan tulisan khas latin memiliki makna sebuah estetika tersendiri. Ini menggambarkan sebuah kreatifitas tinggi yang sengaja untuk dibangun guna merancang sebuah mimpi besar. Inilah yang harus dimiliki PetaMasaDepan, yaitu sebuah mimpi, cita-cita yang tinggi.

Selanjutnya peta masuk dalam sebuah lingkup bintang. Hal ini menandakan bahwa bintang adalah sebuah peta atau tujuan tinggi yang akan menjadi gapaian yang akan diperoleh. Warna merah menandakan ketegasan. PetaMasaDepan adalah sebuah mimpi besar yang akan diusahakan dalam pewujudannya secara terus menerus. Tidak ada kata mati untuk mewujudkan sebuah mimpi besar.


lengkap.jpg


Selanjutnya, logo ketika mempunyai nama dan nilai jual pasti masuk dalam beberapa kategori seperti dibawah ini:
Logo mewakili citra atau gambaran sebuah perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, sebelum menentukan logo mana yang akan dipakai sebuah perusahaan, harus dipikirkan matang-matang. Sehingga hasil yang didapatkan akan luar biasa.

Berbeda dan unik. Hal inilah yang dari tadi saya sampaikan. Logo tidak boleh terlalu rame. Logo yang rame akan terkesan ribet. Jika ribet orang akan sulit mengingat. Selanjutnya ketika sulit diingat maka logo akan jauh dari kata unik. Logo yang baerbeda dan unik akan memiliki wajah, image, dan karekter yang tersendiri. Istilahnya adalah khas. Kenapa hal ini merupakan yang taerpenting. Iya.... karena logo tidak lain adalah ujung tombak corporate identity-nya sebuah perusahaan. Keunikan sebuah logo akan membuat sebuah logo mudah diingat, atau memorable.

Sederhana. Inilah yang menjadi kunci awal sebuah logo memorable, yaitu sederhana. Sebuah logo semakin sederhana akan semakin mudah diingat. Lihat saja logo NIKE. Dengan logo centang berwarna putih atau perak menjadi brandname yang sangat dahsyat. Bahkan menjadi logo dalam tataran kelas dunia.

Makna yang inspiratif. Sebuah logo harus mempunyai makna yang jelas. Kejelasan ini bisa muncul dengan menggali inspirasi. Logo yang inspiratif membuat orang yang menyimak mau meluangkan waktunya untuk berfikir tentang logo itu. Dengan berfikir tersebut dia secara tidak sengaja akan membangun sebuah memori untuk mengenang dan menyimpan dalam otaknya.

Hindari tagline jika tidak sangat harus. Tagline bisa jadi sangat penting, tapi tidak harus disertakan dalam sebuah logo. Seperti NIKE mempunyai tagline Just Do It-nya. Tagline NIKE tidak selalu tampil bersama. Meski tidak selalu tampil bersama dengan tagline, logo NIKE bisa lebih populer. Logo bisa berdiri sendiri.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat logo. PetaMasaDepan, semoga menjadi sebuah logo yang besar. Harapan saya kedepannya, semoga PetaMasaDepan bisa menjadi semacam penyandang dana beasiswa bagi pelajar yang berprestasi dan kurang mampu. Cita-cita saya, PetaMasaDepan menjadi PetaMasaDepanFoundation. Amien...

Dapatkan Panduan Bisnis Online www.formulabisnis.com/?id=adidzikrulloha



Bookmark and Share



3 comments:

Wongbagoes mengatakan...

Wah, logonya mantab!!!

Merah,... menandakan keberania dan semnagat membara,,,

adi dzikrullah mengatakan...

yup. Doakan apa yang menjadi mimpi saya bisa tearwujud. Oke. selamat bergabung bos

jemiro mengatakan...

^^ tepat, mudah diingat (memorable) menjadi salah satu kunci, sbg contoh saya ambil , sebuah logo buah apel dengan gigitan kecil di pojok kanan atasnya, apa lagi kalau bukan apple, ^^
btw logonya simple friendly!! saya suka ^^

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

wibiya widget

 

Mengenai Saya

PetaMasaDepan
I am [Adi Dzikrullah Bahri] a student of Faculty of Forestry [Major Silviculture, Forest Fire Minor] Bogor Agricultural University. Daily activities but study is as President PetaMasaDepan Development Manager. Hubungi saya di facebook: petamasadepan [at] yahoo [dot] com.
Lihat profil lengkapku

Networkedblogs

My Album