Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Kamis, 24 Juli 2008

MENGAPA NGEBLOG DAN INTERNET ITU SANGAT PENTING?

Semua sudah sepakat bahwa dunia ini penuh dengan kemajuan. Kemajuan yang sangat cepat dirasakan adalah kemajuan teknologi informasi dan teknologi. Dahulu, jaman kakek nenek kita belum dikenal yang namanya telpon ataupun handphone. Mereka menyampaikan informasi melalui surat pos. Yang konon untuk mendapatkan kabar dari Saudi Arabia, dari saudara yang menjadi TKI, pada keluarga di rumah bisa sampai satu bulan untuk mengetahui kabarnya.

Bahkan ayah saya cerita kalau dulu pernah sebelum ada telpon. Ketika jatuh tanggal satu Syawal, dan untuk mengetahui berita penetapan satu Syawal di desa-desa terpencil sangat lambat sekali. Bahkan warga desa atau pedalaman pernah mendapatkan kabar bahwa satu Syawal itu ketika hari itu, padahal hari sudah pukul 10 siang. Inilah gambaran periode ketika teknologi informasi masih jauh dari sekarang.

Namun saat ini, untuk kabar atau keadaan di belahan bumi yang berbeda dari kita sudah bisa kita ketahui dalam hitungan jam, bahkan menit. Ya itulah hasil kemajuan perkembangan Ilmu dan Teknologi Informasi. Seolah kemajuan ini telah menyulap berbagai segi kehidupan. Dan inilah yang disebut dengan era globalisasi.
Perkembangan pesat ini yang paling mencolok adalah keberadaan dunia maya, atau yang lebih dikenal dengan internet. Internet tumbuh dan kembang sangat pesat sekali. Jika di dunia nyata kita bisa melihat secara kasat mata dan merasakan dengan kelima indera tentanf interaksi di dalamnya, di dunia internet kita akan merasakan seolah ada kehidupan ketiga.

Internet seolah menjadi kehidupan yang sangat simpel dan praktis. Di dalamnya juga terdapat interaksi. Yaitu antara netter (peselancar dunia maya) yang satu dengan netter yang lain. Mereka seolah berbica dan berhadap-hadapan secara langsung. Dunia maya mempunyai pola kehidupan tersendiri. Kehidupan yang ada di dunia maya adalah dinamis. Segala aspek yang ada bisa ditelusuri.

Internet saat ini menjadi gaya hidup yang wajib untuk dihadapi. Siapa yang tidak mengenal internet maka dia jauh akan tertinggal. Dunia maya menjadi ajang centre of informations. Segala informasi ada di internet. Bahkan belakangan ini internet menjadi pasar yang sangat empuk. Internet menjadi ladang menjanjikan untuk bisnis.
Dari fenomena ini banyak orang yang berusaha untuk menguasai dan mengenal lebih jauh tentang internet dan tetek bengeknya (seluk beluknya). Internet telah dibanjiri berbagai kalangan. Dari akademisi, pelajar, mahasiswa, pebisnis, sampai orang biasa. Dan yang perlu menjadi perhatian khusus saat ini adalah dunia blog yang berkembang sangat pesat.

Blog atau situs bisa diibaratkan seperti koran atau majalah. Blog memuat berbagai macam informasi. Dan orang yang memiliki blog seolah memiliki kampling atas tanah, atau domain website yang didapatkan secara gratis. Blog di dapat melalui regestrasi tanpa dipungut biaya dari berbagai perusahaan situs penyedia kapling website.
Karena gratis itulah banyak yang tertarik untuk memiliki blog. Blog sangat bermanfaat. Sangat bayak keuntungan yang didapat dengan mempunyai blog. Blog adalah ladang untuk menyampaikan berbagai macam ide dan gagasan. Blog adalah jurnal media informasi yang disampaikan untuk bayak orang atau netter.

Di dalam blog siapapun bisa menyampaikan berbagai idenya. Dan ide itu akan dilihat dan dibaca jutaan pembaca di seluruh penjuru dunia. Inilah kenyataan perkembangan dunia dan globalisasi yang ada. Dunia maya telah menjadi tren yang modern. Dan tidak menutup kemungkinan, dunia maya akan menjadi pusat peradaban di era berikutnya.


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

wibiya widget

 

Mengenai Saya

PetaMasaDepan
I am [Adi Dzikrullah Bahri] a student of Faculty of Forestry [Major Silviculture, Forest Fire Minor] Bogor Agricultural University. Daily activities but study is as President PetaMasaDepan Development Manager. Hubungi saya di facebook: petamasadepan [at] yahoo [dot] com.
Lihat profil lengkapku

Networkedblogs

My Album