Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sabtu, 26 September 2009

Comment: Tidak Sekedar Yang Pertama



Dalam dunia blogger memberi komentar adalah sesuatu yang mutlak sifatnya. Sebuah tulisan dikatakan berbobot jika mampu menarik komentar sebanyak-banyaknya. Komentar juga sangat penting sekali keberadaannya bagi blogger pemula (sebelumnya saya mohon maaf. Saya juga blogger pemula). Komentar adalah senjata pertama untuk menunjukkan eksistensi. Karena dengan komentar pertama, kesempatan untuk dilihat blogger yang lain sangat besar. Tetapi apa yang terjadi jika komentarnya sekedar pertama?

Ya komentar, tidak hanya sekedar pertama. Banyak sekali blogger merasa kegirangan jika dia berhasil memberikan komentar yang berurutan pertama. Jika hal ini terjadi, maka tujuan untuk memberikan kritik dan saran kepada penulis terhadap tulisannya jadi bias. Inilah hal yang seharusnya ditinggalkan.



Jadi memberi komentar seharunya mampu memberikan jalan keluar atau masukan yang baik bagi penulis. Komentar seharunya singkat dan padat. Padat mudah dimengerti untuk semua kalangan. Itulah komentar yang baik. Jadi tidak sekedar komentar pertama.

Diposting oleh: Adi Dzikrullah Bahri


Bookmark and Share


Technorati Profile


4 comments:

Munawar AM aka Kang Nawar mengatakan...

menjadi komentator pertama ibarat menempati posisi pertama halaman awal search engine sehingga membuka kemungkinan mendapatkan hits atau klik dari pengunjung.

tapi itu kalau komentarnya bagus, sejalan dengan postingnya. kalau sekedar pertamax, memang mengesankan "numpanglewat" saja. apa anda merasa hal seperti itu menjengkelkan? jika iya, dan jika komentar saay ini masuk urutan pertama, mudah-mudahan anda tidak jengkel ke saya :))

sawali tuhusetya mengatakan...

wah, saya kadang2 juga menjadi komentator pertama di blog teman, tapi jarang sekali saya mengawalinyua dengan kata "pertamax", hehe ... kan pasti dah pada tahu, hehe ...

adeska mengatakan...

Komentar bisa menjadi bentuk apresiasi thd apa yg ditulis si empunya blog. so, be honest aja saat koment. tak peduli di urutan keberapa kita berkomentar.

masa depan mengatakan...

komentar yang pertama mungkin yang paling kelihatan mencolok bila habis membaca artikel..
yang penting kan apresiasi terhadap artikel tersebut bukannya urutan ke berapa gitu..
sukses mas..
lam kenal..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

wibiya widget

 

Mengenai Saya

PetaMasaDepan
I am [Adi Dzikrullah Bahri] a student of Faculty of Forestry [Major Silviculture, Forest Fire Minor] Bogor Agricultural University. Daily activities but study is as President PetaMasaDepan Development Manager. Hubungi saya di facebook: petamasadepan [at] yahoo [dot] com.
Lihat profil lengkapku

Networkedblogs

My Album