Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Selasa, 28 Oktober 2008

Hari Blogger Nasional ; Membangun Masyarakat yang Giat Berkarya


Baru pertama kali ini saya tau Senin 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional. Pertamanya saya terkejut. Posting Kang Fatih telah mengingatkan kepada semua blogger Indonesia. melalui http://afatih.wordpress.com, Kang Fatih memberikan sebuah wejengan, tepatnya motivasi untuk lebih bersemangat berkarya lewat tulisan di blog.

Mungkin, saya ingin berusaha untuk beradaptasi sebagai blogger. Meski, sepak terjang saya masih amatiran, tapi usaha adaptasi tetap saya lakukan. Bukan saya bertujuan untuk dapat diakui sebagai blogger. Tapi ini semua tidak lain adalah upaya untuk lebih memajukan diri dalam dunia online, dan karya.

Selanjutnya apa yang harus saya lakukan? Banyak sekali hal yang harus dilakukan oleh kalangan blogger. Pertama adalah meningkatkan eksistensinya di dunia blogger, atau maya, dan berkaryalah dengan kesungguhan yang tinggi.


A. Berkarya Lewat Tulisan

Tulisan mempunyai kekuatan tersendiri. Semua orang telah mengakui hal tersebut. Tulisan lebih ditakuti Napoleon dibanding tusukan pedang yang amat tajam. Hal ini terjadi karena tulisan mempunyai kekuatan yang amat dasyat.

Kita pasti masih ingat dengan sejarah Indonesia, meskipun Bung Karno dan Bung Hatta ditahan dalam penjara, tapi keberadaannya tetap menjadi hal yang selalu dipertimbangkan oleh kaum penjajah. Dengan keadaanya itulah, Bung Karno dan Bung Hatta mempunyai berbagai pemikiran yang cemerlang. Pemikiran tersebut dituangkan secara cantik kedalam sebuah karya tulisan. Karya karya yang dihasilkan menjadi bumerang tersendiri bagi kaum penjajah. Bahkan terdapat sebuah kisah juga, Bung Hatta memberikan mahar pernikahan pada Bu Hatta berupa karya tulisannya.

Tidak hanya itu saja cerita besar yang terjadi akibat tulisan. Masih hangat dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Semua orang pasti tahu Ayat-Ayat Cinta (AAC). Ayat-Ayat Cinta merupakan sebuah karya fenomenal dalam dunia sastra Indonesia. Karya besar tersebut mampu menembus tingkat best seller. Bahkan AAC telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu, Inggris, Arab, Jerman, dan Prancis. Menjadi hal yang sangat manis juga. Ayat-Ayat Cinta tampil menjadi sebuah mahar agung penulis, Habiburrahman, untuk Istri tercintanya.

Itulah sekian banyak bukti dari kekuatan dan pentingnya menulis. Saat ini, sangat mudah sekali untuk membuat tulisan agar bisa dinikmati orang lain. Internet, dunia maya, atau online bisa menjadi alternatif sebagai media publikasi agar karya kita bisa dinikmati oleh orang banyak.

Berbagai fasilitas telah ada. Dan tinggal kita sebagai konsumen harus bisa memanfaatkan secara maksimal kesempatan ini. Blog, telah menjadi alternatif RUAR BIASA untuk bisa dijadikan media berkarya dalam tulisan. Seharusnya, setiap orang yang telah menganal dunia maya dengan baik mampu memanfaatkan potensi ini. Disebutkan, bahwa pengguna internet Indonesia saat ini berkisar 30 juta. Sementara jumlah blogger, menurut prediksi beliau, hanya sekitar 300 ribu. Ini artinya masih banyak pengguna internet yang belum tahu manfaat browsing selain hanya untuk download, chatting dan friendster-an (tutur Ditjen Depkominfo di TVONE hari ini pada alfatih.wordpress.com ). Jadi tidak ada alasan untuk tidak menulis, karena internet telah memberikan fasilitas terbaik untuk berkarya.

B. Mempunyai Tekat Kuat untuk Berkarya

Segala sesuatu itu bersumber dari niatnya. Niat mempunyai tingkatan yang paling atas di suatu tindakan dalam agama. Niat merupakan cerminan dari apa yang akan diperbuat. Jika niatnya untuk hal kebaikan, maka yang akan diperoleh juga kebaikan. Tapi jika niat yang dibawa adalah jelek, pasti yang akan diperoleh adalah segala keburukan.

Maka niat merupakan perkara yang seharusnya diperhatikan serius dalam segala hal. Tidak terkesuali dalam berkarya (menulis: red). Niatkan pada diri untuk menulis dengan ikhlas. Niatkan karya untuk kebaikan orang lain. Karena hakikat hidup adalah untuk memberikan kebaikan bagi yang lain.

Selanjutnya dengan niat tersebut yang baik, sepatutnya kita terus meningkatkan kualitas karya kita. Meningkatnya kualitas karya membuktikan bahwa kita mampu memberikan hal yang terbaik buat orang lain. Dengan semangat yang seperti itulah dihasilkan sebuah karya yang bermutu tinggi. Sebagaimana para pelaku sejarah Indonesia atau dunia. Motif pertama dalam berkarya adalah untuk sebuah perubahan dalam kehidupan sekitar. Ya sebuah gerakan hidup memberikan kebaikan bagi lingkungan.

Mungkin itulah yang bisa saya berikan pada Anda semua. Semoga dengan Hari Blogger Nasional, kita semakin matang menjadi generasi yang cinta menulis dan berkarya.

from: Adi Dzikrullah Bahri
for: Pecinta Bangsa Indonesia ini.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

wibiya widget

 

Mengenai Saya

PetaMasaDepan
I am [Adi Dzikrullah Bahri] a student of Faculty of Forestry [Major Silviculture, Forest Fire Minor] Bogor Agricultural University. Daily activities but study is as President PetaMasaDepan Development Manager. Hubungi saya di facebook: petamasadepan [at] yahoo [dot] com.
Lihat profil lengkapku

Networkedblogs

My Album